Kamis, 19 April 2012

efek samping dari makanan manis

Merasa kembung setelah makan malam terlalu banyak? Ini berarti Anda mesti makan makanan manis agar penderitaan tersebut berkurang.

Seorang peneliti dari Norwegia telah menemukan makanan penutup yang manis, dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengendurkan otot-otot pencernaan, sehingga makanan yang baru saja dimakan dapat diproses dengan  lebih mudah.

"Rasa manis dapat meningkatkan kapasitas perut, dan kita bisa makan sedikit lebih banyak tanpa mengalami rasa tidak nyaman," kata Dr Arnold Berstad dari Lovisenberg Diakonale Hospital, di Oslo.

Berstad bersama dengan Dr Jorge Valeur mengatakan bahwa gula merangsang syaraf vagus, yaitu syaraf yang mengendalikan pencernaan, kemampuan bicara, pernapasan, dan fungsi-fungsi lainnya. Syaraf vagus yang menerima rangsangan tersebut akan memerintahkan otot perut agar mengendur, dan membiarkan makanan masuk lebih banyak.

Meskipun efeknya hanya sementara, faktanya memakan terlalu banyak makanan manis bisa menipu perut,  dan membuatnya merasa masih lapar. Efek samping gula terhadap syaraf vagus tersebut, seringkali dihubungkan dengan kecenderungan untuk memakan terlalu banyak makanan manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar