Kamis, 19 April 2012

Efek samping dari permen Lolipop


salah satu efek baik dari  permen lolipop adalah,produksi air liur dalam mulut anda menjadi meningkat,yg biasanya bagus bagi kesehatan mulut dan pernpasan anda. air liur ini kemudian dapat menetralkan beberapa asam dalam makanan tertentu.

efek buruk(relatif dan jarang) dari mengemut permen lolipop meliputi diare,sakit perut,dan kembung(akibat sorbitol dalam permen lolipop tanpa gula).bahkan,yg lebih jarang adalah tukak mulut(akibat rasa kayu manis)tekanan darah tinggi,dan kadar kalium yg rendah dalam darah(akibat cita liquorice).

efek samping yg sangat jarang terjadi adalah tingkat merkuri dalam darah menjadi lebih tinggi...dari amalgam dental pada tambalan gigi yg sudah ada dalam mulut anda.merkuri melumerkan amalgam sehingga masuk kedalam air liur,dan kemudian kedalm darah. namun ini hanya terjadi pada kasus mengemut permen lolipop yg berlebihan. penelitian pada 18 orang yg mengunyah rata2 10 batang permen nikotin per hari menunjukan lompatan dalam tingkat merkuri plasma dari 49 nmol/L menjadi 2 nmol/L.

efek samping lai yg tidak menyenangkan eliputi luka mekanis pada gigi,luka akibat pemakaian yg berlebihan(termasuk sindrom sendi temporomandibular),bahkan terdorong keluarnya tambalan gigi.akan tetapi, sebagian besar orang senang sekali mengemut permen lolipop, tanpa merasakan efek samping yg membahayakan.

ingat,mengunyah permen karet ditempat umum menimbulkan "gumfitti",yg berarti "polusi permen karet ditempat umum".pada tingkat kimia,bahan dasar permen karet terbuat dari rantai2 panjang molekul,dan rantai2 ini memiliki sangat sedikit ruang yg dapat dimasuki oksigen, sehingga ia bersifat resisten terhadap oksigen,dan juga terhadap ultraviolet.jadi,bahan dasar permen karet berada pada skala "non-biodegradable"(tidak dapat diuraikan secara alami)yg sangat tinggi.dengan demikian,gumfiti telah menciptakan keseluruhan industri baru yg mahal yg meliputi peralatan penghilang permen karet(cairan pelarut,cairan nitrogen,dan sebagainya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar